Penerapan 8 SNP

PENERAPAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)
NO
JENIS
SUDAH DILAKSANAKAN
AKAN DILAKSANAKAN
1
Standar Isi
  1. Pelaksanaan Kurikulum KTSP dan Kurtilas
  2. Melibatkan Tim Penyusun Kurikulum SDM 5
  3. Pengaturan beban belajar
  4. Penentuan KKM
  5. Penyusunan Kaldik
  6. Mata Pelajaran Muatan Lokal
  7. Kegiatan Ekstrakurikuler
  8. Pengembangan Silabus dan RPP
1. Program Konselling
2
Standar Proses
  1. Lima maple utama memiliki RPP
  2. Beban mengajar guru kelas 24 jam
  3. Pelaksanaan pembelajaran sesuai langkah-langkah pembelajaran
  4. Supervisi Kelas
  5. Memberi kesempatan guru untuk ikut pelatihan
  1. Membuat RPP untuk mapel non utama
  2. Menggunakan buku sumber belajar di perpustakaan
  3. Evaluasi guru dalam PBM
3
Standar Kompetensi Lulusan
  1. Siswa lulus sesuai KKM
  2. Ketersediaan bahan ajar
  3. Penggunaan lab. Komputer
  4. Penegakan tata tertib sekolah
  5. Peringatan hari besar nasional danhari besar agama
  6. Pembiasaan hidup bersih dan sehat
  7. Ibadah sholat wajib dan sunnah
  8. Pembuatan madding secara berkala
  1. Penulisan karya tulis bagi siswa kelas 4 dan 5
  2. Mengikuti lomba agama
4
Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
  1. Pendidik berlatar belakang pendidikan S1
  2. Latar belakang pendidik sesuai dengan mata pelajaran (FKIP)
  3. Guru mempunyai kompetensi pedagogic, kepribadian, manajerial dan supervise
  4. Guru mempnyai SK pengangkatan GTY dan GTT
  5. Pendidikan terakhir  Kepala Sekolah adalah S-2
  6. Rata-rata kehadiran guru dalam 1 semester 95 %
  7. Kelulusan Siswa setiap tahun 100%
  1. Guru yang belum memiliki ijazah S1-PGSD melanjutkan jenjang S1-PGSD
  2. Memaksimalkan tenaga perpustakaan dari guru maple
  3. Merencanakan program supervises akademik secara kontinyu
5
Standar Sarana dan prasarana
  1. Sekolah berada di lokasi yang aman
  2. Lokasi sekolah sesuai dengan peruntukan, memiliki hak status tanah
  3. Bangunan memenuhi ketentuan luas minimum sesuai rasio jumlah siswa
  4. Struktur bangunan stabil dan kokoh
  5. Sekolah memiliki sanitasi di dalam dan di luar sesuai kebutuhan
  6. Bangunan sekolah memiliki ventilasi udara yang cukup
  7. Instalansi listrik 1300 watt dan 2200 watt
  8. Pemeliharaan sekolah dilakukan secara berkala
  9. Sekolah memiliki sarana ruang kelas, perpustakaan, kantor kepala sekolah, kantor guru, tempat ibadah, kamar mandi atau WC, gudang, lab komputer
  10. Ruang kelas sesuai dengan jumlah kelas
  11. Rasio buku teks 1 buku satu siswa ( untuk Mapel Matematika, PKn, B.Indonesia, IPA, IPS) milik sekolahan
  12. Memiliki sarana Olah raga, pengeras suara dan tape recorder
    1. Belum memiliki ruang Lab IPA secara khusus
    2. Kelas belum dilengkapi dengan rak hasil karya siswa
6
Standar Pengelolaan
  1. Sekolah memiliki visi dan misi yang diputuskan secara bersama
  2. Sekolahan memiliki tujuan lembaga dan rencana kerja (menengah dan tahunan)
  3. Sekolah memiliki struktur organisasi
  4. Sekolah melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler
  5. Sekolah melakukan pengembangan kurikulum
  6. Sekolah mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan bidang tugas
  7. Pengelolaan pembiayaan pendidikan dilakukan melalui pembukuan yang teratur
  8. Evaluasi kinerja pendidik dilakukan secara periodik
    1. Memberdayakan alumni
    2. Pemberdayaan bimbingan dan layanan
    3. Merencanakan pemberian penghargaan bagi guru berprestasi
    4. Merencanakan pengalian sumber dana peran serta masyarakat
    5. Mendorong guru meningkatkan IT
7
Standar Pembiayaan
  1. Kerjasama dengan wali siswa dalam pengadaan sarpras
  2. Menganggarkan biaya pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan, honor dan gaji guru
  3. Menganggarkan kegiatan pembelajaran, kesiswaan dan pengadaan ATK
  4. Memungut biaya pendidikan sekitar 70% dari jumlah siswa
  5. Pengelolaan keuangan sekolah secara sistematis, transparan dan efisien
  1. Peningkatan gaji guru
  2. Mendorong guru membuat perangkat dan modul pembelajaran
  3. Sekolah mengusahakan biaya bagi siswa tidak mampu
8
Penilaian Pendidikan
  1. Guru membagikan hasi belajar siswa setiap akhir semester
  2. Teknik penilaian (tes tertulis, lisan, sikap, tugas,portofolio)
  3. Sekolah mengkoordinasikan UTS,UAS,UKK dengan membentuk panitia
  4. Menentukan kenaikan kelas dan kelulusan melalui rapat bersama
  5. Rata-rata kelulusan sesuai KKM
  6. Sekolah menyerahkan SKHU UASBN dan ijazah kepada setiap siswa yang lulus
1. Peningkatan KKM secara berkala

Tidak ada komentar:

Posting Komentar